Thereviewers.id. Seiring dengan banyaknya event berskala nasional dan internasional di kota Solo, XL Axiata berkomitmen menjaga kualitas jaringan 4G miliknya.
Salah satu event yang terdekat adalah ASEAN Para Games (APG) 2022, 31 Juli – 6 Agustus 2022 mendatang.
Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, event-event besar yang digelar berpotensi mengundang pengunjung dari luar Solo.
Event tersebut disampaikan Bambang perlu didukung pula dengan ketersediaan jaringan internet dan telekomunikasi yang juga bagus.
“Selain keramaian di lokasi event, juga akan bisa menaikkan trafik penggunaan berbagai layanan data di seluruh penjuru kota, mengingat penyelenggaraan setiap event juga ditargetkan untuk meningkatkan kunjungan wisata,” ungkapnya.
Selain APG 2022, beberapa event internasional lainnya yang juga digelar di Solo antara lain Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) G20 pada 4-5 Juli yang lalu, konser musik Dream Theater pada 10 Agustus, Solo International Performing Arts (SIPA) 8-10 September, serta Piala Dunia U-20 pada tahun depan.
Baca juga:
Khusus untuk mendukung hajatan APG, jaringan internet cepat dari XL Axiata tersedia di seluruh lokasi pertandingan. Total 22 Base Transceiver Station (BTS) 4G telah menopang 14 area yang menjadi lokasi pertandingan seluruh cabor APG 2022.
Sebagian besar lokasinya berada di Kota Solo yaitu Stadion Manahan Solo, Edutorium UMS Solo, GOR FKOR UNS Solo, GOR Sritex Arena, GOR UNS Solo, Hotel Solo Paragon, Lapangan Kota Barat Solo, Stadion UNS Solo, Lapangan Tenis Manahan Solo, Tirtonadi Convention Hall, dan Solo Techno Park.
Selain area yang berada di Kota Solo, perusahaan pun memastikan layanan terbaik dari XL Axiata akan turut hadir di lokasi lain seperti GOR UTP Karanganyar, Lorin Solo Hotel Karanganyar, dan GOR Jatidiri, Semarang.
Saat ini, jaringan 4G khusus di Kota Solo ditopang oleh sekitar 80 BTS 4G, dan melayani sebagian besar kelurahan yang tersebar di total 5 kecamatan. Tercatat, per kuartal pertama 2022, XL Axiata memiliki lebih dari 102.000 pelanggan di Kota Bengawan ini dan terus bertumbuh secara dinamis.
Untuk menjaga kualitas jaringan di kawasan tersebut, XL Axiata terus melakukan berbagai upaya seperti ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan throughput, hingga perbaikan latency di sepanjang jalur yang menghubungkan kawasan ini.
“Fiberisasi ke beberapa jaringan pun terus digenjot agar kualitas layanan data menjadi maksimal, cepat dan stabil,” pungkasnya.